Minggu, 31 Juli 2011

DAMAI DI HATI...

Hidup yang damai, bahagia dan berkecukupan, tidak mungkin tercapai jika kita menghabiskan waktu dan energi untuk memelihara luka batin karena dendam, sakit hati, kemudian bersengketa/berseteru. Untuk dapat hidup damai kita mesti meninggalkan segala macam sengketa. Hati yang terbebas dari sengketa semacam itu akan menghasilkan wacana kebahagiaan.Sehingga kita dapat damai menjalani kehidupan ini, dan akan menimbulkan dampak yang baik bagi kehidupan kita pribadi, keluarga dan masyarakat pada umumnya.

Bukan hal yang gampang untuk punya kerendahan hati menerima perlakuan tak nyaman, ketidakadilan, kekasaran yang dilakukan orang lain terhadap kita. Tapi kalau kita hidup dengan rasa sakit, akibatnya kita tak mampu mengendalikan pikiran kita dan itu akan berdampak buruk terhadap kondisi fisik psikis. Pada akhirnya kondisi ini akan membangkitkan kegelisahan dan tekanan yang berkepanjangan.

Dengan mengembangkan keterpusatan pikiran, dengan kemampuan untuk menenangkan pikiran yang selalu dihantui oleh rasa sakit/dendam, kita dapat membebaskan diri kita dari perasaan ini dengan berdamai dengan diri sendiri, memberikan ruang di hati untuk memaafkan , kemudian pelan-pelan menerima kenyataan dari masalah yang kita hadapi, sambil menata kembali hidup dan berpikir bahwa hidup ini harus terus berlanjut dan jauh lebih baik dari sebelumnya serta menjadikan segala yang telah terjadi sebagai pembelajaran hidup untuk lebih berhati-hati dan takkan terulang lagi. Jika hal ini kita lakukan, maka KEDAMAIAN BATIN dan KESEJAHTERAAN JASMANI yang kita dapatkan.

Dari pembelajaran hidup, jelaslah bahwa kemenangan sejati takkan pernah dicapai dengan kekerasan, sukses tak pernah diperoleh dengan perselisihan, kebahagiaan tak pernah dialami melalui niat buruk, kedamaian tak pernah dicapai dengan penumpukan kekayaan dan kekuasaan duniawi. Kedamaian diperoleh dengan membiarkan berlalu sifat mementingkan diri sendiri.

DAMAI DI HATI menaklukkan semua kekuatan jahat. Damai juga membantu kita mempertahankan PIKIRAN YANG SEHAT dalam menjalankan dan melakoni hidup ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar