Selasa, 11 Mei 2010

AKAN KU MULAI DARI DIRIKU..

Hari ini kita memperingati Hari Pendidikan Nasional,tentu sekolah2 mengadakan upacara ut memperingati Hardiknas.Itu yg terjadi di kota kota..bagaimana dgn di daerah2 terpencil?jgnkan upacara..blm tentu jg tau Hardiknas.

Memprihatinkan melihat dunia pendidikan di Indonesia,masih begitu byk anak2 yg tidak punya kesempatan ut sekolah,dgn berbagai alasan.Keterbatasan biaya,biasanya menjadi alasan utama,ut di daerah terpencil..lokasi sekolah yg jauh dari pemukiman.

Apapun itu alasannya..semua kembali kepada kemauan ut sekolah.Dukungan dari org tua amatlah penting.Mengharapkan pemerintah?nanti dulu deh..dari dulu jg pendidikan gak pernah merata.Buktinya di kampung di mana kakak ku bertugas..dari aku kecil sampai setua ini..yg ada cuman SD doang...Thn 2009 aku bertandang ke desa di mana dl orang tua ku membuka toko..dan desa itu merupakan pusat dari desa2 lain ut menjual hasil bumi,kini kakak ku yg meneruskan usaha tsb dan beliau jg merangkap sebagai kepala desa setempat.Saat aku plg setahun yg lalu,msh blm ada SMP..dan kakak ku mengeluh..anak2 yg lulus SD..byk yg tidak meneruskan Ke SMP,krn mau tdk mau mrk hrs meneruskan sekolah ke kota kecamatan yg tdk mungkin di tempuh dgn jln kaki.kendaraan umumpun gak ada.Kalau mrk hrs kos atau tinggal di asrama jg..perlu dana tambahan lagi..tentu sgt membebani org tuanya.Bagi yg mampu secara ekonomi gak masalah,jgnkan ke kota kecamatan,ke ibu kota propinsi pun mrk sanggup,walaupun kadang dg berat hati org tua hrs melepas anak merantau dlm usia yg sgt belia.

Berbicara mengenai desa yg aku maksud di atas,desa ini bknlah desa yg terpencil,tp mengapa koq memprihatinkan??Kakak ku nyaris menyerah..beliau mengatakan sdh bosan mengajukan ut mendirikan SMP..bkn hanya itu..beliau jg minta tenaga bidan ut desa tsb.Bahkan beliau pernah di wawancarai wartawan dari salah satu media di kalbar..dan keinginan beliau di ungkapkan dan di tulis,di muat pula..tp realisasinya???gak tau kapan???

Menunggu..dan menunggu...kontras dg yg terjadi di kota besar,setiap thn sekolah menjamur..dgn promosinya yg aduh makkk..kurikulum internasional lah,fasilitas yg berjubel dan uang masuk yg.....hmmmm...yah..gitu deh...Byk juga secara pribadi org berduit di kota yg mendirikan kelompok bermain,TK,kmd SD dstnya.Yg jelas setiap thn org tua bingung memilih sekolah ut putra putrinya,saking banyaknya pilihan.Yg terjadi di lain tempat..orgtua bingung..dgn biaya yg hrs di keluarkan..jg dgn minimnya fasilitas.Entah kapan pendidikan ini merata.Tapi bkn jg berarti di kota pendidikan itu sdh merata,byk jg yg gak sekolah..buktinya di lampu2 stopan msh byk anak yg ngamen,ngemis dsbnya..itu mah org tuanya yg kerterlaluan,yg hrs di didik tuh orgtuanya,spy nyadar..

Untuk aku pribadi...daripada mikirin kpn pendidikan ini bisa merata..lbh baik aku mulai dari diri ku dulu..belum apa2 baru keinginan doang.dan kl boleh aku minta sama Tuhan..jgn panggil aku dulu deh seblm cita2 ku ini terwujud.Hmmm..aku pengin mendirikan sekolah ut anak2 usia dini dgn fasilitas yg memadai, di kampung kelahiran ibu ku,di salah satu desa di kalbar..dan yg mengharukan kedua putra ku amat mendukung..bahkan dg tegasnya putra bungsu ku mengatakan"saya jamin mi..kl saya sdh bekerja nanti..akan saya bantu dananya"so sweet..thx my son..^_^

Ya..mimipi ini akan jadi kunci..ut anak2 menaklukkan dunia..spt culpikan lagu " Laskar
Pelangi".dan mimpi ini akan ku wujudkan..semoga bisa terealisasi dlm 3 thn mendtg.Sekolah gratis ut anak2 tdk mampu..itu yg ku inginkan.Knp gratis??spy tdk ada lagi alasan dari org tua ut tidak menyekolahkan anak2nya.Bagaimana dg gaji guru2?aku yg akan mengajar dan mendidik tenaga pengajarnya,tentu guru2 akan di gaji..saya yakin niat yg baik dan tulus ut kepentingan byk org..akan di mudahkan dan di berkati TUHAN.Dan akan selalu ada jalan terbuka ut itu..Amin


Dan bagi siapapun yg membaca catatan ku ini..mohon doakan niat baik ku...semoga tercapai dan Tuhan beri aku kesehatan,panjang umur dan kedua putra ku..sukses dlm studi dan kariernya.Dan anak2 ku adalah mitra ku ut misi ini..dan support utama tentunya dari kedua buah hati ku ini..Doa ku kembali ut semuanya...Tuhan Berkati..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar