Selasa, 11 Mei 2010

INI MAMA AKU...

I'm nobody"s child,I"m nobody"s child
Just like flower I"m growing wild
No mommy"s kisses and no daddy"s smile
Nobody wants me,I"m nobody"s child

Ya..ini adalah refren dari lagu NOBODY"S CHILD,yg arti dari refr tsb di atas adalah:
Aku bukan anak siapa2
Seperti bunga aku tumbuh liar
Tanpa ciuman ibu, tanpa senyuman ayah
Tak ada yg menginginkan aku,aku bkn anak siapa2

Amat mengharukan,dan setiap kali aku mendgrkan atau sekali2 menyanyikan lagu ini,aku bs menitikkan air mata haru.Untukku..dlm sekali artinya lagu ini..

Beberapa bulan yg lalu,aku terlibat pembicaraan dgn putraku,dan ku sampaikan keinginanku ut lbh byk melakukan kegiatan sosial di bidang anak2,spt misalnya panti asuhan.Selama ini aku melakukan kegiatan yg berhubungan dgn dunia anak umumnya aku menerima bayaran.Dan putraku setuju2 aja.Tentu ringan kaki ini melangkah,setlh mendpt persetujuan dari anak ku.

Ada 2 tempat yg sdh rutin aku datangi,dan kedua tempat ini menampung anak2 dgn kasus yg hampir sama(umumnya mrk adalah anak2 yg tdk mendptkan tanggung jawab dari org tuanya),hanya satu tmpt yg terletak di lembang jauh lbh besar dan anak2 yg berada di situ adalah anak2 dgn keadaan fisik yg normal,dan di pegang oleh bbrp ibu.tapi yg di daerah Bandung selatan,amat kontras keadaannya,lbh dari sebagian anak2 yg berada di panti ini dlm keadaan cacat fisik,bbrp down syndrom,dan pengelolanya adalah Suster2 ALMA.

Mengharukan..saat kita duduk..mrk minta di pangku,lalu saat kita jln tiba2 menggandeng tangan kta.Dan ini adalah anak2 yg berusia 2.5 smp 5 thn.

Ada satu pengalaman ku dgn seorg anak yg tak mungkin ku lupakan..ini di panti ALMA.Blm terlalu lama ini kejadiannya,ada seorg anak perempuan bdnnya tdk terlalu besar,tp ada kelainan,sptnya down syndrom,dan ternyata usianya sdh 23 thn,wooow..di luar dugaanku.Pertama kali kami berjumpa,dia menggenggam tanganku dg erat,dgn bhs sunda yg agak krg jls,dia mengatakan pd temannya,yg artinya begini:"Ini mama aku,cantik dan putih ya".dan berkali2 dia ulangi kalimat yg sama.Aku amat terharu dan bangga,tp bkn krn pujiannya(semua perempuan jg cantik koq),melainkan saat dia mengatakan pd temannya kl aku ini mamanya..Cukup lama aku berada di situ dan aku ngobrol byk dg suster,di panti ini ada 16 anak,lalu anak yg mengatakan aku adalah mama nya..ternyata kedua org tuanya sdh meninggal.Ku tanya pd suster..apa pernah dia mengakui tamu yg dtg adalah mamanya?Suster blg tidak..yg kami tau,baru kali ini.

Selama aku berada di panti itu,hampir dia tak pernah melepaskan tangannya dariku,anak ini byk bercerita.dan byk komentar yg dia lontarkan,slh satunya:"ibu..mau jd mama aku ya.."ku belai anak gadis ini:ku jwb..mau sayang..dan kl mau jd anak ibu gak blh sedih lg,ibu sayang kamu..dan kamu gak sendiri nak"Smbl mengucapkan kata2 itu menitik air mataku.Dan mata si gadis ini berkaca2.Pilu hati ku saat ini membayangkan wajah si gadis.

Seminggu kmd aku berkunjung kembali,tdk di sengaja memang..kebetulan melewati tempat itu,dan aku mampir.Dan saat gadis ini melht ku kembali,dgn girangnya dia menyambutku dan memeluk..sambil mengatakan:mama...kemana aja..aku rindu..kmd..dia lari ke kamarnya,keluar membawa sehelai kertas,ada coretan2,lalu di bawahnya ada tulisan yg cukup rapi,tp ku tau pst itu bknlah tulisan si gadis.Begini bunyi tulisan itu:
Mama..mimin senang punya mama lagi
Mama..mimin janji gakkan cengeng..
Mama..nama mama sabina kan?
Mimin akan ingat2 terus
Mama..harus sering2 jengukin mimin
Nanti kl ada yg ganggu mimin..di bilangin ke mama sabina lho..
Mimin.sayang bgt sama mama..dan mama ku cantik..Trima ksh mama..

Begitulah kalimat2 yg tertulis di kertas itu,dan kmd suster bercerita bhw setlh aku plg anak gadis yg bernama Mimin ini,mengambil kertas dia coret2 dan dia blg mau kirim surat ut mama Sabina.lalu di tanya sama suster mau tls apa?dan dia ungkapkanlah spt yg tertulis di atas.Dan kertas ini ku simpan baik2..dan ini adalah ungkapan yg sungguh tulus dan dlm artinya ut ku.Setelah ini tentu aku punya tanggung jawab ut mengunjungi Mimin dan teman2nya yg lain,tinggal bgm aku mengatur waktunya.

Kini aku bertekad tdk akan melakukan kegiatan sosial setengah2,sdh saatnya lah aku membagi kasih ut anak2 yg kurang beruntung ini,krn mrk adalah anak2 istimewa ut ku.Mengenai Mimin,yg ku dgr dari Suster..saat kunjungan pertamaku..adalah: Mimin anak yg sensitif,sgt sering menangis tnp sebab,lalu sering menggigit kukunya,terutama jempol tangan kanan,dan ku lht memang kukunya hmp hbs,dan slalu di beri bethadin oleh suster.

Sebelum meninggalkan panti itu,pada kunjungan yg kedua ini,aku byk memfokuskan perhatianku pd Mimin,berkali2 aku mengungkapkan bhw aku jg sgt menyayanginya dan meyakinkannya amat byk org lain jg yg menyayangi dia.Ku minta jg ut tdk menggigit kukunya lg,krn dia sempat mengatakan,kuku mama bgs,sambil dia memegang tanganku dan memperhatikan kuku ku.Mimin mengganggukan kepalanya dan berjanji tdk akan menggigit kuku lagi.

Dan beberapa hr kmd ku tlp suster..bertanya apakah Mimin..msh dgn kebiasaanya menggigit kuku?Suster blg..kl di ingatkan :mama Sabina gak suka kl Mimin begitu..dia lsg menyadarinya.Kmrn ku tlp lg..dan jwban suster sdh 2 hr belakangan,kebiasaan itu hilang..Tuhan trima ksh..itulah ucapku..

Dan catatan ini di buat..bukanlah ut membanggakan apa yg tlh ku lakukan..ku tau pasti amat byk org yg melakukan hal yg lebih, drpd yg ku lakukan.Dan apa yg ku lakukan saat ini blm lah berarti apa2 di banding para pengurus panti yg telah mengabdikan hidup mrk secara total ut anak2.Aku amat salut pd siapapun yg berkarya dlm pelayanan seperti ini.Tuhan memberkati kalian semua..Amin


Pesan ku ut teman2 yg membaca catatan ku ini kalau ada waktu berkunjunglah ke panti ini.Dan panti ini terletak di perumahan Taman Kopo Indah,cukup byk cabangnya di Indonesia.Kalau yg di lembang ku kira sdh byk yg tau.

Dan hidup kita..sungguh mau TUHAN pakai ut KEMULIAAN NAMA_NYA.

1 komentar:

  1. halo kak.. :) senang rasanya bisa membaca cerita kakak tentang mimin :)

    setelah membaca cerita kakak tahun lalu, aku langsung datang ke alma, sayang mimin waktu itu lagi sakit. tapi makasih banyak kak, aku yakin ga ada yang kebetulan ketika aku membaca blog ini. :) akhirnya aku dipertemukan dengan anak anak hebat di ALMA..

    BalasHapus