Selasa, 11 Mei 2010

JADILAH PENDIDIK YANG BAIK,BUKAN HANYA JADI PENGAJAR.

Di depan seorang teman aku menceritakan dan memperagakan gerakan lagu potong bebek angsa,dan saat anak2ku kecil,mrk sgt tertarik melht gerakanku saat menyanyikan lagu itu.Dan di setiap sekolah di mana aku bergabung,aku sgt senang mendpt bagian tugas ut menyanyi dan mendongeng di depan anak2 dan itu adalah hal yg ku tunggu2..tambah semangat lg mana kala melihat anak2 sgt antusias mengikuti gerakanku.Begitu pula dlm hal mendongeng..aku jd lbh semangat lg kl anak2 terdiam,tertawa,kmd kdg2 menimpali dongenganku dg celetukan2 ataupun pertanyaan2.Woooww..jgn di tanya lg..lupa umur deh...terasa msh usia taman kanak2.

Kembali kepada temanku tadi..dia bertanya:"apa kamu pernah belajar ut menjadi guru?",ku jwb dg lantang:"OOOO...TIDAK!.Per
nah jg ada teman yg nyeletuk..masa kecil krg bahagia ya?wuiihhh..enak ajaaaa...justru krn masa kecil ku amat bahagia makanya aku ingin semua anak2 bs merasakan spt apa masa kecil yg bahagia itu dan aku ingin anak2 menikmati masa kcl yg memang sdh menjadi hak setiap anak yg terlahir ke dunia ini.Sejak dari SD pun aku sdh bercita2 ut menjadi guru TK,sampai oleh abangku di ledekin"gak ada cita2 yg lbh tinggi dari itu apa dek?"hmmm..walaupun aku sendiri tdk pernah berminat ut sekolah menjadi guru dan tidak pernah sekolah di bidang itu,krn menrtku ut menjadi guru,terutama guru Play group dan TK..yg paling penting adalah memahami anak,mau menjadi anak sejenak ut bisa masuk kedunia anak,kreatif,mampu menyampaikan materi dg bhs anak,sabar,tdk menuntut anak ut mengikuti kehendak kita,mampu mengarahkan anak ut pengendalian emosi dan tentunya byk membaca buku2 psikologi anak.Dan aku adalah org yg paling senang mengamati perilaku anak,krn menghadapi setiap anak tdk bisa dlm perlakuan yg sama..tiap anak mempunyai karakter sendiri2..2 anak.. jg 2 pribadi..2 karakter..menghadapinya pun beda2.

Dunia anak adalah dunia ku,latar belakang pendidikanku jauh dari profesi yg kugeluti kini.Tapi aku merasa inilah duniaku,disinilah panggilan jiwa ku..hidupku ut anak2 bkn hanya ut anakku,tp ut semua anak...Terlalu byk impianku ut program pendidikan anak usia dini yg betul2 sesuai usia.Keinginan terbesar dlm hidupku..adalah mempunyai sekolah sendiri,program yg ku buat sendiri..merekrut guru2 yg mmg profesioanal,bkn hanya jd pengajar tp yg paling penting menjadi PENDIDIK yg baik.Aku berharap ini bisa terwujud dlm 3 thn mendtg..Amin...

Selama ini aku membuat program ut anak2 usia dini..dan aku hanya br bisa menjualnya..tp kadang2 aku amat kecewa manakala tdk di terapkan secara benar dan ini berkali2 aku jumpai di sekolah2 yg memakai programku.Masih saja mengutamakan baca tulis hitung,menulis yg benar,menggambar menrt aturan yg benar.Coretan anakpun di protes..gak berbentuklah,keluar komentar,koq hanya coretan gini sih?menrtku itu reaksi yg amat salah!coretan anak,walaupun hanya seperti benang kusut..itu jg adalah gambar..bw anak berimajinasi"benang kusut itu adalah sarang laba2..lalu tanya anak"pernah lht sarang laba2 dan laba2nya gak?"kl pernah.."gambar dong laba2 nya sayang"pd akhirnya apapun bentuknya..kl anak mengatakan itu laba2..hargailah!contoh lain dlm hal mewarnai..gak hrs dong..daun tuh warnanya hijau,awan tuh warnanya biru..atau hitam..ataupun atap rmh tuh hrs segitiga..byk lg deh contoh lain...

Kemudian soal mendongeng..blm lama ini aku mendpt keluhan dari guru PAUD slh satu sekolah:bu..anak2 kayaknya bosan deh kl terlalu sering mendongeng.."ku jwb:"bosen?"hanya 2kali seminggu aja bosen?jwb guru:ya bu..lalu aku bertanya pd sang guru..."blh aku tau cara ibu membawakan dongengnya?dan dongengnya mengenai apa?hayu..kpn ada jadwal mendongeng..sini aku msk kelas..wooooww..pantes aja..posisi anak2 duduk di lantai..ibu guru berdiri..anak2 mendongakkan kepala..aku yg melihatnya aja pegel..apalg anak2 yg usianya br 2.5 smp 4 thn..ya..capek dehhh...(ingat!.. posisi anak saat mrk mendgrkan dongeng pun perlu di perhatikan).ini hanya contoh kecil...yg penting di perhatikan jg,libatkan anak sebagai tokoh dlm cerita,sebisa mungkin..bawa anak2 berimajinasi kedlm cerita kita dgn sekali2 lontarkan pertanyaan kepd anak2 yg berhubungan dg dongeng tadi..rubahlah intonasi suara kita sesuai dg tokoh dlm dongeng..percayalah pasti berhasil.

Saat selesai dari pendidikan perawat..aku minta di tempatkan di bagian perawatan anak,dan tujuanku..ingin praktek secara langsung ut mengetahui psikologi anak yg lagi sakit.Tdk lama hanya 1 thn,kmd aku menikah..dan meneruskan kuliah lagi,dlm keadaan hamil,melahirkan putra pertama,2 thn kmd lahir putra kedua..br deh selesai kuliah.Tak terasa berat...walaupun hrs berperan sebagai istri,ibu,mahasiswi..hrs menyusui pula,bahkan putra keduaku minum asi smp usia 3thn,tanpa tambahan susu formula...hanya jgn di tanya..apapun yg aku mkn..gak jd daging..hbs jd tenaga..ampe aku langsing bgt dg brt bdn hanya 45kg.

Tiba saatnya putra pertamaku masuk Play group,dan tujuanku memasukkan anak2ku ke play group adalah ut sosialisasi aja,selebihnya ut kreatifitas dllnya..aku ajarkan sendiri di rmh,begitu pula saat anak2 ku masuk TK, aku masukkan dlm usia yg ckp matang 4.5 thn,msk TK kecil,bahkan si bungsu dlm usia 5thn,krn dia lahir pas bln juni.Aku amat prihatin..br masuk TK kecil aja ..di bekali PR trs tiap hari..apa blh buat..pada akhirnya ku buat berimbang,jdlah aku lbh banyak membiarkan dan membebaskan anak2 ut mengatur jadwal mrk,anak2 meminta di jemput telat dari sekolah krn mau main pasir..dgn senag hati ku ikuti,lalu kl di rmh..kebiasaan kedua putraku adalah di bacakan cerita seblm tidur..dan itu amat menyenangkan bg anak2 ku,dan wajib pula ku lakukan!smp dg SD anak2 msh senang di bckan cerita.Bahkan saat SD kedua putraku selalu minta dijemput lbh telat,krn mau baca2 dulu di perpustakaan sklh,di rmh pun berjubel buku2 dongeng,ensiklopedi anak.Dan gak bosen2nya mrk membaca..Puji Tuhan,sekalipun hobby baca,smp sejauh ini mata anak2ku msh aman2 aja,blm minus..gak seperti aku..hrs memakai kaca mata..Ada satu hal lg yg amat gak ku pahami dari para org tua..br Play Group atau TK aja dah nuntut anak bs mengenal huruf dgn baik,bahkan kl bisa membaca..dan bkn main paniknya kl dgr dari ibu2 lain bhw anak mrk dah bisa baca,sementara anak dianya blm..udah seperti kiamat deh..Seharusnya bkn itu yg penting..biarkan anak berkembang sesuai dg usianya,pembentukan pribadinya jauh lbh penting,utamakan kreatifitas.

Mengajar anak membaca,berhitung,bisa melalui lagu2,bisa melalui permainan,dan biarkan anak menentukan brp lamanya wkt..kl kira2 dah gak berminat lg,jgn di paksakan.Oleh sebab itu org tua dan guru,hrs mengenal karakter setiap anak,berjalan dg bertambahnya usia anak..perlahan2 akan bisa di beri pengertian,sehingga mrk kmd bisa mengikuti aturan yg ada.

Tiada hbs waktu ut membicarakan pentingnya pendidikan anak usia dini..percayalah pembentukan kepribadian,pola pikir seorg anak,berawal dari usia dini dan ut selanjutnya menentukan masa depan, pembentukan yg baik..dan pd tempatnya..akan menghasilkan yg baik pula.

Dan jgn lah anggap Guru Play group itu hanya sebagai pengasuh..justru membutuhkan pengetahuan yg baik.pemahaman diri yg baik,komunikasi yg baik,kasih yg tulus,kesabaran.mampu menjiwai anak,sehingga dgn begitu bisa jd pendidik yg baik ut anak2 yg amat belia ini.

Untuk semua guru...selamat bertugas..jadilah PENDIDIK yg baik,bkn hanya jd PENGAJAR saja.Tuhan memberkati karya pelayanan kita melalui dunia pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar