Selasa, 11 Mei 2010

HABIS GELAP TERBITLAH TERANG

Besok tgl 21 April kita akan memperingati hari Kartini..dan pada umumnya sekolah2..mulai dr Play group hingga tingkat SLTA,msh merayakan hari Kartini,dgn berbagai kegiatan,dan yg pasti biasanya dg mengenakan busana daerah.Ada jg yg mengadakan lomba mirip Kartini,yg lbh siip nya lagi..pidato mengenai semangat dan perjuangan Kartini ut emansipasi Wanita.Mudah2an bkn memperingati doang...tp jg tau betul sejarah hidup Kartini,dan bisa menjadikan ut memotivasi diri..spy menjd lbh baik tentunya..

Aku jd teringat peristiwa puluhan thn yg lalu,saat duduk di bangku seklh menengah atas,di tunjuk ut mewakili sklh mengikuti lomba mirip Kartini dan pidato mengenai semangat dan perjuangan Kartini di masa kini.Ada hal yg membuat aku" tersenyam senyum".Saat di latih oleh guru ku,bgm cara berjalan,bicara yg baik dan santun,sperti wanita ninggrat jawa pd umum nya..Susah bgt....cara jln ku aja gak ada feminim2 nya..tergopoh2..spt org yg kebelet ke Wc..blm lg cara ngomongku yg cpt,kayak kereta api..yah komplit deh.Cuman satu aja tuh yg di puji guruku,pintar merangkai kata ut pidato..krn kebtlan aku di srh buat sendiri..dan aku sih inginnya spontan aja..Tapi..di balik tgs yg ku emban ini,aku sempat bertanya sama guruku,knp sih aku yg di pilih ut mewakili sklh?lagian secara fisik gak ada mirip Kartini (kecuali mgkn di lht pake sedotan dr monas),cuman waktu itu muka ku bulat doang,agak cabi.Jwb guru ku:"krn kamu paling aktif,gak ada takut2nya,doyan ngomong,doyan protes..hehehe..di pikir2 gak berbobot jg alasannya..

Singkat cerita,setlh guruku dg susah payah melatih aku,terutama gaya bicaraku yg cpt dan ceplas ceplos,layaknya org "seberanglah"..akhirnya tibalah hari lomba itu.Pagi2 buta aku sdh kesalon,memakai kebaya dan dandanan ala Kartini..alamak..gak nyaman bgt..jln aja ribet..jgn2 di panggung nanti aku jatuh.Wah...kesiksa bgt..dlm hati ku mengatakan..emansipasi aja koq hrs pake baju beginian..yah pasrah aja deh..Teman2 ku pd ngeledek..mrk blg"jadi cewek jg loe",Kartini dari kalimantan" lah...mrk jg mensupport..Hayo Bin..loe pst juara nya..Amin..

Memasuki gedung ut lomba..aku deg2an,aku coba mengingat cara jln yg anggun,gaya bicara yg kalem dan lembut.Ahhh..yakin aja deh.Kmd kami para peserta di beri nomor urut,wooww..byk jg pesertanya,aku urutan 17(gak lp,krn foto2nya msh ada).Tiba pd giliranku..dgn yakinnya naik ke panggung,lalu dewan juri bertanya mengenai riwayat Kartini,kmd aku di tanya apa hapal lagu Kartini..Ku jwb: iya,ee..buntutnya aku di srh menyanyikan lagu Kartini,siiplah siapa takut!nah lolos satu uijan..saatnya pidato..lupa deh dgn tata krama bicara yg halus dan lembut..dg lancar dan semangatnya..terurai lah kalimat2 yg berapi2 mengenai emansipasi wanita..dan intinya..menyemangati kaum wanita ut mandiri,sekolah setinggi mungkin,berkarier,tp tetap kodrat sebagai seorang wanita dan ibu jgn di lupakan,lalu bgm menjalankan peran ganda dlm rumah tangga..dan yg pasti jgn lemah..apalg di hadapan para pria..byk hal yg bisa di lakukan wanita ut mandiri,seandainya tidak ada biaya dan kesempatan ut sekolah,msh ada ketrampilan yg bisa di pelajari,asalkan ada kemauan.Dan yg pst kl seorg wanita itu mandiri..dia lbh berharga di mata siapapun.Semoga kemandirian wanita tdk membuat seorg pria melupakan tanggung jawabnya.Dan himbauan ut kaum pria lebih respeklah pd wanita2 yg mandiri,krn wanita seperti ini adalah team yg solid ut pria.

Itulah yg bisa kuingat dari isi pidato ku puluhan thn yg lalu,dan tdk bermaksud menyombongkan diri..akhirnya aku menjuarai lomba itu.Sampai sekarang aku berusaha betul dan sangat menikmati menjadi wanita mandiri,menjalankan peran ganda.Bahagia rasanya hidup bebas berkreasi,tdk terkungkung oleh perbedaan jenis kelamin(gender).

Harapanku semoga bsk dan thn selanjutnya..saat hr Kartini di peringati,bkn hanya dgn busana daerah dan berbagai mcm lomba..tapi spririt Kartini jauh lbh penting ut jd pegangan kaum wanita spy punya keberanian dan lebih maju dlm segala hal kebaikan..Dan aku bangga krn memiliki teman2 sklh dulu terutama yg wanita..kini tlh menjadi org yg sukses.. bisa menjadi seorg pimpinan,bahkan pengusaha,aku jg bangga pd teman2 yg mampu menjadi istri dan ibu yg baik.Itulah yg Ibu Kartini mau dari kita kaum wanita.Dan kita berhutang budi pd IBU KARTINI yg tlh memperjuangkan emansipasi wanita,mari kita para wanita menjaga martabat luhur kita ut slalu dan slalu jd lbh baik dlm segala hal.Supaya perjuangan IBU KARTINI,tidak sia2.

Wahai kaum wanita tetap lah menjadi diri sendiri,berkreasilah,berju
anglah ut kebahagiaan.krn masa depan bangsa di tangan kita,anak2 yg terlahir dari seorang ibu yg kuat tentu akan menjadi pribadi yg kuat pula,jadilah mitra yg baik dan berharga ut kaum pria.SELAMAT HARI KARTINI..HABIS GELAP TERBITLAH TERANG..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar