Senin, 24 Mei 2010

KU SERAHKAN SEMUANYA PADA_MU YA TUHAN..

Besok malam jam 19.00,putra bungsuku berangkat ke Padang untuk berlibur,kurang lebih sebulan lamanya.Sudah jauh jauh hari dia meminta ijin padaku untuk pergi berlibur ke Padang,bahkan mengatakan kalau mami keberatan."gak apa apa koq,atau saya tunda aja sampai mami ulang tahun".Dengan tidak mengurangi rasa hormat dan trima kasih atas keinginannya,aku mengatakan"gak apa apa nak,pergi aja berlibur ke Padang,papi juga perlu anak anak,soal mami ulang tahun mah..gak usah di tunggu..gak ada perayaan apa apa,mami orang kampung..gak biasa merayakan ulang tahun ini"(tapi bukan berarti semua orang kampung gak ngerayain ulang tahun lho.ini mah untuk ku aja)

Dari 10 tahun yang lalupun,dengan segala kerendahan hati aku gak pernah melarang anak anakku untuk bertemu dan berlibur dengan papinya.Karena kami punya hak dan kewajiban yang sama atas kedua putra kami.Bahkan berlibur bersama keluarga baru papi nya pun aku lakoni,saudara dan teman temanku mengatakan "koq bisa ya?"..Bisa saja..tapi semua itu butuh proses dan perlu kerendahan hati untuk menjalaninya dan yang terpenting untukku.. kedua putraku bahagia dan nyaman.

Ada satu hal yang menarik dari liburan putraku kali ini,aku di liputi kecemasan yang lebih dari biasanya,ada ketakutan kalau kota Padang di landa gempa lagi.Bahkan berkali kali ku ingatkan kepada si bungsu(putra sulungku tidak pergi,karena sedang sibuk sibuknya menyelesaikan tugas akhir) untuk peka merasakan kalau ada guncangan dan "taukan nak cara menyelamatkan diri kalau ada gempa?"Si bungsu menjawabku dengan mesem mesem..."ya tau lah mi..tenang aja napa?"

Walah..yang namanya seorang ibu..gitu deh..tetap aja kepikiran.Dan aku bukanlah type orang tua yang bisa membiarkan anak anaknya pergi merantau selama dalam pendidikan,dari sebelum menikah pun,aku sudah bertekad kalau nanti berkeluarga dan punya anak,gakkan pernah anak anakku jauh dari aku,kecuali kalau anak anakku sudah bekerja.Beberapa teman mengatakan bahwa aku tidak membuat anakku mandiri,dan aku akan membantah itu dengan tegas.Secara fisik aku memang amat memanjakan anak anakku,tapi secara psikis,kedua putraku adalah anak anak yang luar biasa tangguh dan kuat kepribadiannya.Satu keyakinanku..bahwa secara fisikpun mereka bisa tanpa aku,tapi yang ingin ku tanamkan pada anak anakku adalah saat ini,bagaimana kami aku dan papinya menjalankan tanggung jawab serta tugas kami masing masing.

Dan sudah 2 malam ini aku sering terjaga saat tidur,dan bangun kemudian mengintip ke kamar si bungsu,dalam hati ku berdoa"Tuhan jagailah dan lindungilah anak anak ku di manapun mereka berada,berkatilah orang orang yang bersama mereka,dan juga semua orang yang mereka jumpai".Setelah terucap sebait doa ini..hati ku tenang banget..

Satu hal yang mengharukan,beberapa hari yang lalu papi nya menelponku untuk meminta ijin bahwa putra bungsunya akan berlibur bersama beliau di Padang,dan ini adalah kebiasaannya dari dulu, selalu meminta ijin dulu dari aku.,tentu saja aku gak keberatan,karena anak anakku adalah anak anaknya juga dan anak anak kami berhak mendapatkan kasih sayang yang penuh dari kami berdua sebagai orang tuanya.Geli juga saat beberapa kali aku mendengar pembicaraan beliau dengan putra bungsuku,selalu mengingatkan putra bungsuku untuk meminta ijin dulu padaku.Dan tadi malam pembicaraan itu di ulang kembali,sempat aku terpikir,koq si papi ngulang ngulang terus ngomong gitu,kan anak anak dah biasa pulang dan aku gak keberatan?

Dan tadi pagi ku bahas masalah ini dengan putra bungsuku.Hahaha..aku baru teringat kalau aku pernah meminta dengan amat sangat kepada papinya,untuk tidak meminta anak anak pulang dulu ke Padang,takut kalau kalau kota Padang di guncang gempa lagi.Dan juga di ingatkan kembali oleh si bungsu,"lagian mami kan pasti nangis,kalau melepas kami liburan ke Padang"..Hmmm..ternyata diri ku melow abizz..kalau nyangkut anak.Dan yang pasti kali ini si sulung bersama ku di rumah,sekalipun dia teramat sibuk untuk menyelesaikan tugas akhirnya,setidaknya malam aku gak sendiri..

Ku serahkan semuanya pada Tuhan..dan ku percaya kota Padang akan di jauhkan dari gempa,putraku bersama papi dan keluarganya akan menikmati liburan dengan aman dan nyaman.Amin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar