Selasa, 11 Mei 2010

KABUT ASAP ITU MELENGKAPI DUKA KU...

Hari itu adalah hr Minggu,tepatnya tgl 26 oktober 2006,4 thn sdh berlalu,Bapak ku yg sgt kami putra/i nya kasihi di panggil menghadap YANG MAHA KUASA,krg lbh j 3 sore.di rmh kediaman beliau di Pontianak.Bapak meninggal dlm usia 82thn.Pagi harinya krg lbh j 10 pg aq msh sempat menelp Bapak..spt biasa Bapak amat senang kl diajak berdoa,dg suara terbata2 krn stroke..bapak mengikuti saat berdoa,kmd kami berbincang2,Bapak menanyakan sdh ke gereja blm,menanyakan cucunya juga..dan spt biasa beliau slalu bertanya..kpn mami Evan(maksudnya aq)plg ke Ptk?lalu ku jwb: Desember aq usahakan plg.Lalu ku blg Bapak..bhw adikku yg jg tinggal di Bdg akan plg 2hr lg,krn saat itu bertepatan dg libur lebaran,ku blg jg pd bapak,kl aku menitipkan 6 helai baju kaos putih kesenangan Bapak,dg terharunya beliau mengucapkan trima ksh dan gak usah repot2..itulah kebiasaan yg Beliau ucapkan saat menerima pemberian anak2nya.

Tak pernah terpikirkan kl pagi itu adalah pembicaraan terakhirku dg Bapak..jam 15.00 lwt aku di tlp adikku..mengabarkan kl Bapak tlh berpulang kepangkuan Bapa di surga.Bagai di sambar petir rasanya..shock...gak percaya..aku sempat histeris..smp anak2ku hrs menenangkan aku..Yg terpikir di benakku bgm caranya mendptkan tiket pesawat ut segera plg,dan hr itu adalah hr minggu..gak ada lg travel yg buka..bgm kl kebandara lsg?kmd aku dan adikku..memutuskan membeli lsg di bandara..yg terjadi??kami hanya dpt 1 tiket ut penerbangan hr senin...aku mengalah adikku plg duluan..dan aku mendpt tiket ut hr selasa,penerbangan jam 6.30.Aku menunggu di bandara dg perasaan yg teramat sedih..saat itu situasi bandara sgt ramai,krn byk yg mudik lebaran.Waktu berlalu..pesawat tak kunjung berangkat..kmd terdgr pengumuman kl pesawat di delay..krn keadaan cuaca yg buruk di Ptk..di sebabkan oleh kabut asap.Sedih bgt hati ini..air mata tak kunjung henti mengalir..apalg hp ku tiada henti berdering..dg isak tangis aku jawab setiap tlp yg masuk..dan memancing org ut menoleh kearahku.Dan byk penumpang lain yg amat simpati pdku mrk menghbur dan menawarkan bantuan.Smp dgn sore pesawat tak kunjung berangkat.Malam menjelang..berlalu..dg kondisi fisik psikis yg amat lelah aku tak berdaya..antara tertidur dan tidak di ruang tunggu bandara.Pagi pun tiba...pesawat tetap gak bs brgkt,di tunggu smp sore,msh dg kondisi yg sama..dg terisak aku bertanya pd petugas bandara..jawaban mrk msh sama..tdk akan ada penerbangan Ke Ptk hr ini krn tdk ada jarak pandang..yg di sebabkan kabut asap..petugas menyarankan aku ut pulang dan menukarkan tiket,kebtlan ada rombongan dari pemda kab.Sanggau,mrk menawarkan ut bersama2 dgn mrk sampai penerbangan normal kembali..aku pasrah aja dan aku iyakan.Hari ke 3,penerbangan di buka kembali,dan setibanya di Ptk yg kulihat hanyalah pusara Bapak..betul2 hancur hatiku.Prosesi pemakaman hanya bisa ku saksikan melalui DVD...selamat jalan Bapak,maafkan aku..itulah yg terucap dari bibirku..kala itu..

Singkat kata singkat cerita...krn kabut asap durjana itu..kepulanganku ut melihat Bapak yg terakhir kali batal..kmd di putuskan oleh keluarga ut memakamkan Bapak,dan saudara2ku meminta aku merelakan kepergian Bapak..sekl gus minta ijin ut memakamkan Bapak tnp kehadiranku ,krn sdh 3 hr beliau berpulang..dari ke 12 anaknya akulah yg tdk hadir saat pemakaman beliau..betul2 sedih.kecewa,entah apalg..sungguh sulit di ungkapkan dg kata2

Peringatan hari bumi international..mengingatkan aku kembali,dg peristiwa 4thn yg lalu,ketika kebakaran hebat melanda hutan di Kal Bar,menyebabkan kabut asap..dan aku salah satu korban dari kabut asap itu..gak bisa pulang,menghadiri pemakaman Bapak.Sampai saat ini..membekas di hati ku..kesel bgt sama org2 yg merusak alam dg membakar hutan.Semoga thn ini tdk ada lagi pembakaran hutan..jgn sampailah!MARI KITA SELAMATKAN BUMI KITA,DARI BERBAGAI KERUSAKAN!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar