Selasa, 11 Mei 2010

BELAJARLAH UNTUK PEDULI

Hampir 1 thn yg lalu..saat hendak melayat ke sebuah rmh duka di bdg..aku dan seorang teman..sdg asyik berjln kaki..tiba2 tak di nyana..tak di duga..pluk..pundak ku seblh kiri di tendang dr blkng..
Alamak sakitnya..ternyata yg menendang aku adalah org gila..dia mengamuk krn seblmnya di ganggu oleh anak2 remaja yg saat itu lg nongkrong di pinggir jln...yg mengganggu mrk!...yg jd pelampiasan kemrhan aku..sungguh tdk adil..setlh terjd penendangan..aku dan teman ku berlari masuk kesebuah bengkel motor,dan org2 bertanya pd ku"mbak gak kenapa napa"?aku cuman bisa menjwb:pundak ku sakit..
yg ku tau kmd org gila itu di pukuli oleh org2 yg berada di sktr lokasi..krn dia sempat memukuli org lain lagi..aku cuman bisa nyeletuk.."kasian dia(maksudnya org gila itu)pstlah dia gak ngerti apa yg dia lakukan..ngapain jg mrh ama dia..rugi..buang2 energi..kmd kami melanjutkan perjlnan...

Keesokan hari nya,bangun dari tdr,berasa bgt sakit di pundak..dan semenjak kejadian itu..aku mulai trauma kl melihat org gila..mulailah setiap perjlnan kemanapun..mata ku amat awas mengamati org..dan ternyata hampir setiap hr aku melihat ada org gila berkeliaran di jln..dan bkn lah org yg sama yg kulihat seblm nya..ternyata..segitu parahnya kah..kehidupan ini?

Kasus ini kmd menjadi bhn perenungan ut saya...begitu byk hal terjadi di dlm kehidupan ini..kl kita gak kuat mental ya..bisa gila..Ada byk org di sekitar kita..entah itu teman .kenalan atau pun keluarga kita yg mengalami masalah yg amat berat ut mereka..entah masalah apapun itu,yg kmd membuat mrk putus asa,merasa tdk berguna,ingin mengakhiri hidup..ya itu td..kalau pun tetap hidup..saking gak kuatnya jd gila..Jadi apa yg hrs kita lakukan jk kita menemui hal spt ini?Kalau ut saya..jika ada teman,kel,yg mengalami mslh,dan mrk cerita..yg bs saya katakan dan akan saya lakukan..."Saya akan selalu ada ut kamu.dan saya siap mendengarkan keluh kesah mu,apa yg bisa saya bantu?selama saya sanggup akan saya lakukan,mungkin materi saya tdk sanggup..tp kita bs cari solusi bersama2..pasti ada jln keluar..dan kamu tdk sendiri"

Hindarilah ut menasihati dg nasihat yg panjang lebar..gak jls juntrungannya..yg ada org yg kita nasihati akan blg"emang enak ngalami gini..kamu bs ngomong..krn gak ngalami" nah lho..buang2 energi kan!Terkadang kita bs anggap sepele mslh org lain..krn kita gak ngalami.tp bgm kl hal itu terjadi pd kita?apakah kita jg ckp kuat??mudah2an...dan tentunya yakinkan diri ut slalu meletakkan harapan pd Tuhan..lalu berusahalah ut mencari seseorg yg bisa menjadi tempat curhat kita..tp jgn lah yg bermulut ember..alias..segala di omongin kemana2. Ut kita sendiri..belajarlah memiliki kepekaan dan kepedulian pd sesama,jika ada teman yg curhat pd kita,jgnlah jg di wartakan kemana2..sehrs nya jadikanlah suatu kehormatan ut kita dpt menjadi tempat curhat org lain.Janganlah jg mengatakan pd teman atau kenalan yg dpt masalah:'kasian amat ih..kt gue jg apa?...loe sih salah .atau puas deh loe"ya kl gak di dgr orgnya..kl di dgr..tambah frustasi deh..

Marilah kita jg belajar ut memahami org di sekitar kita yg mengalami mslh,dampingi sebisanya kita..tanpa memandang status dan perbedaan yg ada..bayangkan kl kita yg mengalami hal spt mrk.. bgm?dgn itu kita bisa memahami org lain..

Saya pribadi..msh jauh dari sempurna..dan setiap hari saya belajar dan mengambil hikmah dari setiap peristiwa yg boleh saya alami dan temui.Besar harapan saya..bahwa kita semua memiliki kepedulian yg tinggi akan penderitaan org di sekitar kita..dan bisa berbuat sesuatu ut meringankan beban mrk,tanpa memandang perbedaan dan status yg ada,dgn begitu semoga org2 yg mengalami masalah dapat di kuatkan,dan tentunya jumlah org yg sakit jiwa dpt berkurang.Dan yg pasti..hidup ini indah...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar