Selasa, 11 Mei 2010

SEANDAINYA.. DIRIMU TERPILIH.....

Baru aja aku membicarakan pd putra bungsuku,kl aku sgt merindukan kakak perempuanku,blm sampai 10 mnt..ada tlp masuk,berhubung hp ku hlg..jd aku gak tau itu tlp dari mn.Ku angkat tlp:"hallo.."kmd di jwb:" hallo jg sayangku..(suara perempuan)apa kbr adikku yg cantik?..baru aku sadar kalau itu kakakku..dan kalimat yg terakhir di ucapkannya..adalah kebiasaannya kl memanggil aku.

Dia adalah kakakku...seorg kades di sebuah desa di kab Sintang(kal bar),yg kira2 14 jam dari Pontianak,di tempuh melewati darat..tp kl di tempuh dgn transportasi sungai,memakan waktu 4 hr dgn motor bandung.Beliau menelpku ckp lama...bercerita mengenai Pilkada yg sebentar lg akan di laksanakan di kabupaten sintang.

Yg menarik dari pembicaraan nya adalah..gak mau lagi pilih orang lama,apa yg ku minta utk kemajuan desa yg ku pimpin..gak ada realisasinya sampai saat ini.Minta di dirikan Sekolah Menengah Atas..dulu di janjikan..tp kenyataannya...mana???mint
a di tugaskan tenaga bidan( krn angka kematian ibu dan anak yg ckp tinggi)..tidak ada satupun yg di penuhi!janji tinggal janji..itulah ucap kakakku dg nada suara yg tinggi...

Aku bertanya pd kakakku:Siapa aja tuh yg mencalonkan diri jd Bupati Sintang skrng ni?kakakku menyebut salah satu nama..calon iparmu gak jadi...hahaha..aku ngakak ketawa.Tiba2 teringat peristiwa puluhan thn yg lalu..saat itu aku duduk di bangku SD.kakakku SMP,dan dia sdh pacaran dg seorg remaja kakak kelasnya..Ku ingat mrk pacaran sembunyi2 krn papa ku tdk akan memperbolehkan anak2nya pacaran saat msh sekolah,apalg msh SMP.Nah aku paling sering,jd tameng saat mrk pacaran..pura2nya kakakku ngajakin aku jalan2..padahal di jln dia dah janjian ama pacarnya ini ut ketemuan..dan aku punya syarat..sogok aku dulu dg Rp 100,itu minimal(jaman itu mah Rp 100 jumlah nya besar)dg begitu aku akan tutup mulut,gak akan nyampain ke papa.Apa yg terjadi?ku ingat persis..pacar kakakku blg"bisa2 aku gak mkn..hanya ut nutup mulut adikmu!aku nyeletuk.."pilih putus ama kakakku atau gak mkn?dasarnya cinta..tetap aja mrk berdua nerusin hubungan,dan aku tetap dpt uang jajan tambahan..dgn gerakan tutup mulut,soal hub mrk berdua.Ckp lama mrk berdua pacaran..sampai kuliahpun kakakku msh menjalani hub dgn pacarnya ini.Yg kuingat kakakku pacaran dari aku br masuk SD smp aku lulus SD.

Saat aku kls 1 SMP.. kakakku di jodohkan dgn salah satu pegawai papa..org kepercayaan beliau.dan tragis.hubungan yg di bina bertahun2 hancur berantakan!krn diam2 papa ku sdh punya pilihan ut putri sulungnya ini..dan beliau amat tdk menyetujui hub kakakku dg pacarnya yg ku maksud di atas,bertahun2 jg aku punya andil ut menyimpan rahasia mrk rapat2..walaupun papa tau aku sering berbohong ut menutupi hub kakakku dg sang pacar..beliau gak pernah mengejar2 aku dg pertanyaan yg mungkin blm saatnya ku trima.

Singkat cerita...tak berdaya melawan,blm slesai kuliah,kakakku menikah dg pria pilihan papa.Ada hal konyol yg ku lakukan..saat kakakku menikah..aku menulis surat ut kakakku dan suaminya.Diam2 saat resepsi berlangsung,aku masuk ke kamar pengantin..ku taruh sepucuk surat yg ku tulis sendiri..intinya memarahi kakakku dan suaminya yg telah menyakiti hati si abang(mantan pacarnya si kakak)..dan surat itu ku taruh di bwh bantal mrk berdua.Dlm hati ku berucap.."biar kalian sadar ada org yg sgt terluka krn ulah kalian!" hahaha..konyol bgt!

Kakakku hidup bahagia dgn pria pilihan papa..dan kini sukses menghantarkan putranya menjadi sarjana dan bekerja.Dan cerita sang mantan pacar jg indah..walaupun di tinggal begitu saja menikah oleh kakakku..dia tetap tegar..bahkan kmd menikah dg wanita yg sama namanya dg kakakku..dan kmd sang mantan pacar jd pejabat yg cukup penting di kabupaten Sintang.Sekarang mencalonkan diri jd org npmor 1 di kabupaten tsb.

Tadi saat kakakku menelp..ku tanyakan..kira2 si abang ingat aku gak ya kak?dg tegas kakakku menjwb:wah dia ingat bgt ama kamu dek..setiap ktm aku dia pasti nanyain kamu..psnnya:kl kamu plg ke Sintang..srh main ke rmhnya,dan dia gak pernah lupa dg ulahmu waktu kecil yg sering meras dan ngerjain dia..hahaha..ku ingat kl aku selalu minta di gendong olehnya kl dah capek jln...

Ku bilang ama kakakku..bhw aku sgt berharap kl si abang bs terpilh dlm pilkada nt..bkn nya apa2..aku kembali ingin memerasnya..ut minta bantuan dana kl 2 th mendtg aku akan mendirikan sekolah ut anak usia dini di salah satu desa di kabupaten tsb.Kakakku ngakak tertawa..dgn dialek melayunya kakakku berujar: ade2 jak kau ni dek...ku jwb:Tak apelah..kamek ulang lg peristiwa puluhan thn yg lalu,tp... ape gak yg ku pakai ngancam si abang,biar die nurut ama kamek ni?'kakakku kembali tertawa...(akan ku pikirkan dari skrng,bgm cara memeras si abang..kl btl2 dia terpilih dlm pilkada nt..hahaha..)

Ya..itulah pembicaraanku dg kakakku..selain melepas rindu..kami selingi dg hal serius,di bumbui dg guyonan.Dan aku sgt bangga pada kakakku,dia wanita tangguh,sukses..dan selalu memperjuangkan kepentingan org lain..Selamat bertugas Kak..Tuhan berkati..aku merindukanmu..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar