Selasa, 11 Mei 2010

Percakapanku.. di suatu hari dgn slh satu guru PAUD..di sebuah yayasan sosial:

Aku :Boleh gak aku tau kenapa knp ibu memilih mengajar anak2 di tempat yg cukup jauh dari
pusat kota

Ibu Guru:Aku merasa terpanggil bu..kebetulan tempat aku kuliah dulu berdekatan dg cabang dari yayasan ini di kota kelahiranku.

Aku :latar belakang pendidikan ibu apa?

Ibu Guru:Saya sarjana ekonomi bu..sdh malang melintang bekerja sesuai ijazah saya,dan pada
akhirnya saya menemukan pekerjaan yg membuat saya nyaman..ya..tempat ini..dan
mengajar anak2 PAUD di sini.Hati saya sdh tertambat di tempat ini bu....

Aku :ooo..gt..berapa jumlah murid ibu?dan boleh aku tau latar belakang murid2 dan mengapa
mrk bisa sampai masuk panti asuhan ini?

Ibu Guru:murid saya ada 10 bu,(dia sebutkan nama murid2nya satu persatu..dan diceritakan jg
latar belakang tiap anak)

Aku :dah brp thn mengajar di sini?suka dukanya apa?

Ibu Guru :sdh 3thn bu,sukanya...ya..bersama anak2,melihat tingkah mereka,lucu2.dan unik2
walaupun kadang2 menguras energi.dan dukanya..ya gitu lah bu..namanya dlm komunitas sperti ini..ada2 aja..

Aku :ok deh aku ngerti..gak usah di bahas lagi..aku penting bgt tau latar belakang dan mengenal anak2 ini satu persatu,spy aku bisa memahami watak mereka,dan juga utk membantu mempermudah ibu dlm proses belajar mengajar.

Dan hari itu aku belajar dan bermain bersama anak2 ajaib ini,demikian aku memberi julukan pd ke 10 anak ini..dan menurutku mrk adalah anak2 istimewa dan beruntung,krn byk anak yg terlahir dari keluarga yg utuh,tp tdk di urus dgn baik..bahkan di berdayakan ut menafkahi org tua dan kel,dgn berbagai cara..mengamen,mengemis(spt yg sering kita temui di lampu2 stopan,pusat keramaian dsbnya)
Tapi di panti ini..anak2 sungguh di urus dgn baik,pihak panti sepenuhnya bertanggung jawab ut pendidikan anak2 di sini,kemandirian dan masa depan yg baik.Aku salut dg misi dari yayasan ini.

Aku tau anak2 yg berada di sebuah oanti asuhan..umumnya anak2 dgn berbagai latar belakang masalah dan merasa diri terbuang,dan bathin mrk terluka,tentu ini menimbulkan dampak pd perkembangan mental seorg anak.Dan betul saja..sang ibu guru menceritakan khususnya ada 2 anak putri yg tingkahnya unik dan dgn latar belakang yg mengharukan dan amat menyakitkan.yupz...dan kedua anak ini memang lbh istimewa di banding yg lain...dan ut ku mrk teramat istimewa.

Sang ibu guru sempat meneteskan air mata..manakala bercerita mengenai latar belakang murid2nya..dan akupun tak mampu menahan haru.Ku tepuk bahu sang ibu guru..ku katakan:"apa yg bisa ku bantu,akan ku bantu".Kita tdk perlu mengasihani anak2 dgn kasus seperti ini..yg perlu kita katakan pada anak2 ini,adalah:kalian anak2 yg hebat dan istimewa..dan kalian anak2 yg beruntung..mendptkan kasih yg sungguh tulus dari byk org..yakinkan anak2 bhw mereka tdk berbeda dari anak2 yg berada di luar panti.Aku tau..bkn hal yg gampang..tp dgn pendampingan penuh,kasih yg tulus mengalir tiada henti akan membuat luka bathin anak2 ini akan terobati dan sembuh.Andallkan lah TUHAN dlm setiap karya..percayalah..pst akan menghasilkan kebaikan.

Dan di hari itu..aku meminta ijin ut mengajarkan anak2 sebuah lagu yg iramanya dari lagu yg begini kata2nya:Are you sleeping 2x..brother john 2x..morning bell,,dstnya..nah kata2nya ku ganti..begini:
I'm special..I"m special..
look at me..you will see..
Very special person..very special person..
Its I'm..Its I"m...

Aku ajarkan berulang2 dgn gaya tentunya...wooow..amazing..anak2 sgt senang menyanyikan lagu ini.Dan seminggu kmd aku kembali berjumpa dg anak2..kami menyanyikan lagu ini kembali.Mrk sgt semangat dg gaya jempol menunjuk ke dada masing2.Ku katakan kembali pd anak2..kalian adalah anak2 yg hebat dan istimewa.Dan setiap hr kamis ut sebln ini aku akan bersama dgn anak2 istimewa ini(berusia 2,5 sampai 4 thn) dari sebuah panti asuhan yg terletak di kawasan yg sgt sejuk di lembang.

I"m special..sgt sering ku ajarkan pd murid2..di sekolah mana pun aku pernah bergabung.Satu hal yg ingin ku kata kan pd org tua dan guru..apapun kelebihan dan kekurangan yg di miliki oleh anak2 kita..mrk adalah anak2 yg istimewa yg hrs kita terima apa adanya,kita support,kita beri kepercayaan,kita yakinkan bhw mrk sungguh2 di cintai dan kelak akan menjadi org yg sukses.Amin

Dan lagu ini,,ku ajarkan jg belasan thn yg lalu ut kedua putraku..mengganti syair sendiri..mudah2an pencipta lagu yg aslinya gak marah...Ampiiiiunnn dehhh..

Untuk sang Ibu guru..namanya Bu Vita..aku salut dan bangga pd ibu,Tuhan memberkati mu.
Dan semoga setlh sekian kali aku bersama Ibu dan murid2 ibu..aku dapat menulis sebuah buku"Anak dengan luka bathin adalah anak yg istimewa".Mohon doa dari yg membaca catatan ini...trima kasih ut semuanya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar