Selasa, 11 Mei 2010

MAMA DALAM KENANGANKU DAN DI DOA MU NAMA KU DI SEBUT... Share

Gempa yg terjadi di kota Padang dan sekitarnya di bln september thn lalu,membawa kedekatan kembali antara aku dan mertua ku,yah kedekatan secara fisik ,krn secara bathin beliau selalu ada di hati ku,walaupun jarak dan keadaan memisahkan kami.Gempa Padang yg dasyat itu,berdampak jg pd rmh kediaman mertuaku,sehingga hrs ada perbaikan/renovasi dan krn rmh anak2 mama yg lain mengalami hal yg sama,terpaksa beliau tdk bs tinggal sementara di rmh mrk,akhirnya di putuskanlah oleh anak nya,mama tinggal sementara bersama aku dan anak2ku di kota bandung,selama renovasi berlangsung,dan setelah rmh siap huni kembali lg ke Padang.

Di hr Minggu sore itu,mama smp di bdg,begitu mobil msk ke halaman rmh ku,aku lsg nyamperin mama..trenyuh hatiku saat pertama kali melht beliau,dg raut wajah yg letih beliau berusaha tersenyum,kondisi fisik mama,jauh lbh kurus dan lemah dr terakhir kali aku bertemu dgnnya,menetes air mataku,terbayang mama bbrp thn yg lalu dg kondisi fisik yg msh sgt prima dan energik..dan kini beliau berada di hadapanku dlm kondisi fisik yg lemah di usia 84 thn.Dgn ku tuntun..tertatih2 beliau berjln memasuki rmhku,dan aku lsg menawari beliau makan,krn sejak pagi brgkt dr Padang..hanya sedikit mama mkn..dan ku pikir tentunya lapar..oleh putra nya aku di ngatkan bhw mama skrng mkn nya amat sedikit,gak bs byk.sulit aku melukiskan perasaanku saat menyuap beliau...selesai mkn aku menawari mama mandi,dan mama ku mandikan krn beliau tak sanggup lg ut mandi sendiri,aku tau sebtlnya mama malu hrs di mandikan.Saat di mandikan beliau membelakangi aku,dg susah payah aku memandikan beliau...akhirnya slesai jg...

Malam menjelang,nampaknya beliau sangat letih,berbaring kmd tertidur...aku menatap mama,dlm hatiku berkata :Ma....aku dan anak2ku sayang mama..semoga mama betah bersama kami di sini..aku janji akan menjg dan merawat mama sebaik2nya,percaya aku ya ma"....22 thn yg lalu saat aku hbs melahirkan putraku beliau lah yg mendampingiku,merawatku,pa
sca persalinan..mama rela menghbskan waktu berbln2 tinggal di bdg bersama keluarga kecil ku,beliau pulalah yg mengajari aku memasak,menjaga anak2ku saat aku hrs menyelesaikan kuliah ku,beliau pulalah yg selalu memperhatikan makananku agar mendpt asupan gizi yg cukup,krn aku menyusui..di tiap kelahiran ke2 putra ku beliau selalu menemaniku.merawatku,bahkan saat anak2 ku ulang tahun hmp tdk pernah absen,mama selalu meluangkan waktu ut hadir dari Padang ke bdg..satu hal yg tak pernah aku lupakan adalah...saat aku melahirkan putra pertamaku..di saat itu aku mengalami kesulitan melahirkan,krn tdk ada pembukaan sama sekali,sehg akhirnya hrs di induksi spy mules...setlh itu luar biasa sakitnya,menelan mknan pun hampir tak sanggup lg,bahkan sekedar bicarapun gak kuat lagi..saat itu..suami ku dan mama amat panik,krn sdh hampir 7 jam blm ada tanda2 bhw bayi akan segera lahir,dokter kandungan ku,tetap pd keputusannya bhw aku bisa melahirkan normal,tnp hrs di operasi.
Yg sgt tak terlupakan dari peristiwa kelahiran si sulung ku ini...adalah saat aku memegang tangan mama dan suamiku.dg suara lemah aku berucap:Ma...aku gak kuat lg...aku hrs gmn ma?dgn mata berkaca2,beliau menatapku,kmd mama menunduk kan kepala nya ut berdoa,sesuai dg keyakinan beliau yg beragama Budha..setlh selesai berdoa beliau mengatakan pd ku:Kamu kuat Na...singkat cerita...dr proses ketuban pecah,kmd di induksi..total 19 jam..akhirnya lahirlah putra pertamaku...dan selama itu jg mama selalu berada di sampingku dan.disaat aku mempertaruhkan nyawa,berkali2 beliau menundukkan kepala ut berdoa..Dan...skrng wanita yg sgt aku hormati ini berada di rmh ku kembali..dgn kondisi yg sdh renta..dan aku tau beliau sgt memerlukan pertolonganku,tersekat tenggorokanku menahan tangis haru,menatap wajahnya yg letih.. tertidur pulas.Dlm hati ku mengucap syukur..trima kasih Tuhan..engkau memberi kesempatan pd ku ut bersama mama kembali.

Dari minggu ke minggu mama bersama aku dg anak2ku..byk cerita lucu,byk hal kami alami bersama,jg byk sifat mama yg tdk berubah,saat aku membuat kue kesukaan beliau,mama menawari ut memberi uang,persis spt dulu...di awal masa perkawinan ku,belanja apa pun mama slalu ingin bayar.
Yg tak pernah ku lupa,sifat mama di uisa senja nya ini..jd amat manja,hampir gak mau di tinggal,sebentar2 manggil,dg panggilan khasnya terhdp aku.."NA"..kl mlm seblm tidur..ingin slalu di belai,di temani,tgh mlm tiba2 teriak manggil,dgn panggilan khasnya.."NA" terhdp aku.

Seminggu terakhir menjelang kepergian beliau ut selama2 nya..aku menangkap byk perubahan sifat pd beliau yg terjadi..tiba2 mogok mkn,hmp tdk pernah bertanya lg mengenai anak2 nya,sdh mulai dg omongan yg ngelantur,mengatakan melihat yg aneh2lah,mlm hari hampir tdk bisa tidur,bahkan 2 hr menjelang kepergiannya sempat gak mau minum,sampai hrs ku bawa ke rmh sakit,dan dokter mengatakan bhw mama baik2 sj secara fisik.feeling ku mengatakan ada yg gak beres...apa mama akan pergi ut selama2 nya ya?aku tlp anak nya,ku kbri kondisi mama,sambil menangis aku menceritakan kondisi mama,anak nya berjanji akan segera dtg dari Padang..
Dan entah knp aku jd melankolis sekali..bawaan nya nangis aja saat hrs menyuapi mama mkn dg makanan yg di blender..krn kl gak di blender makanan gak masuk..sedih bgt....

Dan mlm terakhir menjelang kepergian beliau,saat itu tgl 11 desember 2009,tiba2 mama menyebut dan memanggil2 semua nama anak2 nya,termasuk nama sopir,dan pembantu,di sini lah firasat ku sdh sgt tdk enak,aku dampingi mama,berulang kali aku bertanya:apa yg sakit ma?..beliau menggeleng..hanya blg capek..lalu ku tanya lg.."mama mau plg ke padang?beliau mengangguk kan kepalanya,...ok nt Na antar plg ya...skrng tdr dl..tp yg ada beliau..gelisah,sebentar duduk,baring,minta kepalanya di taruh di pangku ku,berulang2 itu di lakukan,ku beri air madu,dan air putih..beliau sempat ngomel.."ada2 saja ni anak.."tp walaupun begt.minuman itu di hbs kan jg..puji Tuhan.. Tiba2 dr mulutku terucap klmt.."Ma...mama hrs kuat..kan mama mau ketemu anak2 mama,hayo dong..aku jg seorg ibu,dan aku selalu bertahan ut anak2ku..mama jg hrs bertahan" sambil mengucapkan kalimat itu aku menangis..dlm hati ku.. aku berdoa.."Lakukan yg terbaik ya Tuhan"Sedikitpun mataku tak mampu terpejam,ku panggil anak2 ku,ku blg mama..ini cucu mama..beliau malah bertanya..siapa ini?oh my God..sedih bgt perasaan ku..beliau gak kenal cucu nya lagi..ku tanya lg.....sambil aku menunjuk ke diri ku"ini siapa Ma?..dgn lemah beliau menjwb:"NA"..tumpahlah air mataku..dlm keharuan yg sgt dlm..ternyata beliau msh mengenalku,aku peluk mama..ku tanya beliau apa yg hrs ku lakukan?tiada jawaban....

Terakhir jam 04.30 aku menawari beliau ut buang air kecil..setlh selesai menolong beliau, rasa lelah dan kantuk ku tak tertahan lagi..ku pegang tangan mama..ku blg.."ma kita tidur ya"sambil ku beri isyarat kedua tanganku ku tempelkan di pipi ku..jwban beliau..tidurlah..kata yg terakhir ku dgr..beliau memanggil putranya yg nomor 6..Bun Kiat,dg setgh sadar ku blg nt Na tlp ko Kiat ya ma..setlh itu aku gak ingat apa2 lg...krg lbh setgh jam aku tertidur.sktr pk 05.30,aku terbgn lg,rencananya mau nelp ke Padang,aku lht mama yg tdr di sebelahku.spt yg terlelap dgn tenang..saat aku mau menyelimutinya,beliau tdk bereaksi sdktpun,biasanya mama suka ingat kl di selimuti,aku tepuk pi2nya...diam aja..ku angkat kepala mama kepangkuanku..aku raba denyut nadi nya.gak ada sama sekali..histerislah aku pagi itu,sambil menangis..aku berteriak memanggil anak2ku..lemes seluruh anggota tubuhku,ku tlp dokter yg tetangga dkt rmh ku..ku minta anak2 menelp papi nya dan anak2 mama yg lain,anak ku yg satu nya ku minta memanggil pak RT,antara sadar dan tidak..mama tetap aku peluk..smbl aku menangis..saat bpk dan ibu RT dtg..mrk mengingatkan ku bhw mama telah tiada dan memintaku melpskan pelukanku..tetangga2ku pd dtg,gak lama kmd dokter dtg memeriksa kondisi mama..dan dokter memastikan mama tlh meninggal..lalu dokter membuat srt kematian...

Saat aku menyampaikan kbr duka ini pd anak tertua mama,dgn menangis aku cerita kan apa yg terjd semlman ini smp mama pergi..aku katakan jg..aku tlh berjuang semaksimal mgkn ut mama..dan aku tdk menduga akan secpt ini mama pergi..putra nya menghiburku...sdhlah rela kan..ini yg terbaik..dan aku tau persis putranya mengucapkan kalimat itu dg terbata2 dan tentunya sgt merasa kehilangan...tiada henti air mataku mengalir,ku tlp sahabat ku,ku minta iya dtg ...dan pagi itu..adalah pagi tersedih dlm hidupku...

Dlm kesedihan dan kepanikanku aku msh sempat berpikir,Ya Tuhan 22 thn yg lalu,mama mendampingi ku saat aku meregang nyawa melahirkan cucunya ,dan di mlm yg baru berlalu ini, Kau beri aku kesempatan menemani mama di saat2 terakhir dlm hidup beliau.Trima ksh Tuhan...

Hanya semalam jenazah mama di semayamkan di rmh duka di Bdg,subuh di hr minggu itu,kami menj jkt,ut selanjutnya terbang ke padang..ut menghantarkan mama keperistirahatannya yang terakhir.
Tak hentinya aku menangisi kepergiaan mama,dlm hati ku,berucap:Ma..aku antar mama plg ke padang ya.."tuh anak2 mama jg menjemput mama ke bdg..

Kini 100 hr lbh sdh mama pergi ut selama2 nya.. tepat hr minggu ini adalah ceng beng.dan
anak2,mantu,cucu2 mama,di padang,mengunjungi dan sembahyang di makam mama..kembali aku mengenang mama..dan menitiklah air mata ku...

Mama...trima kasih atas segala perhatianmu....kasih sayangmu.trima kasih atas kebersamaan kita,disaat terakhir hidup mama..mhn maaf atas segala kekuranganku..
REST IN PEACE..I love you mom..

Aku akan slalu mengenang mu,dan DI DOA MU NAMA KU DI SEBUT....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar